Cara membuat secangkir kopi yang enak

Cara membuat secangkir kopi yang enak

Menyeduh secangkir kopi yang enak tergantung pada beberapa hal seperti kualitas biji kopi, kualitas air yang digunakan, jenis penyeduhan yang dilakukan, dan penggilingan kopi. Sekarang kualitas biji kopi dan air adalah sesuatu yang mudah anda rawat. Gunakan saja biji kopi berkualitas baik dan air murni. Namun hubungan antara penggilingan kopi dan jenis penyeduhan yang dilakukan lebih detail dan perlu sedikit penjelasan. Sekarang kita semua tahu bahwa kita membuat kopi dengan melewatkan air panas di atas biji kopi yang dihancurkan. Namun agar benar-benar berfungsi dengan baik, kita perlu memahami berapa lama air harus melewati biji. Tujuan artikel ini adalah untuk membantu anda memahami cara mencocokkan gilingan kopi anda dengan jenis penyeduhan yang anda lakukan untuk membuat kopi enak terbaik.


Secara umum, waktu perendaman berhubungan langsung dengan seberapa kasar kopi ditumbuk. Ini berarti gilingan kopi yang lebih kecil membutuhkan lebih sedikit kontak dengan air, dan gilingan yang lebih kasar membutuhkan kontak yang lebih lama. Kopi espresso hanya terkena air selama 20-40 detik dan hasilnya dibuat dengan menggunakan kopi gilingan yang sangat halus. Pembuat kopi pers Prancis dapat memakan waktu hingga 4 menit dan menggunakan gilingan yang sangat kasar. Jika kopi dibiarkan bersentuhan dengan air terlalu lama untuk ukuran gilingannya, ekstrak yang tidak diinginkan muncul dan membuat kopi terasa pahit. Tentu saja jika gilingan terlalu besar dan air mengalir dengan sangat cepat (seperti menggunakan gilingan tekan frech pada pembuat espresso), sangat sedikit kafein dan perisa yang diekstrak dan akan memiliki rasa yang buruk.


Tentu saja filter memainkan peran penting dalam mengatur keseimbangan antara over dan under menyeduh kopi anda. Mereka tidak hanya mencegah gilingan keluar dari cangkir anda, tetapi juga mengontrol seberapa cepat air melewati gilingan. Filter kertas adalah yang paling umum, tetapi banyak orang juga menggunakan jenis logam. Filter kertas cukup bagus. Namun mereka dapat menyerap sebagian dari rasa kopi, dan beberapa orang mengklaim bahwa mereka dapat merasakan kertas pada kopi akhir. Filter logam biasanya terbuat dari baja tahan karat atau jaring berlapis emas. Mereka memiliki tenunan yang sangat halus dan menyaring biji kopi dengan sangat baik. Mereka juga tidak mengubah rasa kopinya sama sekali. Filter logam juga lebih ramah lingkungan dibandingkan kertas alternatif.


Apapun yang anda pilih, pastikan untuk membeli kualitas yang layak. Filter yang murah sering kali menyumbat atau tidak memungkinkan kopi diseduh dengan benar. Filter logam berkualitas baik akan bertahan bertahun-tahun dan pada akhirnya menghemat uang.


Menyeduh secangkir kopi tidaklah sulit. Menyeduh secangkir besar membutuhkan lebih banyak pemahaman, tetapi tidak lebih sulit. Mulailah dengan biji kopi segar dan air bersih yang baik dan kemudian sesuaikan gaya menyeduh anda dengan penggilingan yang tepat dan kemudian eksperimen dengan proporsi yang tepat dan segera anda akan menyeduh kopi enak setiap saat.

Komentar