Apa itu barista dan kompetisi barista

Apa itu barista dan kompetisi barista


Apa itu barista? Barista adalah orang yang menyiapkan minuman kopi di kedai kopi sebagai profesinya dan secara khusus berusaha untuk menciptakan espresso yang sempurna . Barista memiliki pengetahuan luas tentang berbagai jenis biji kopi serta memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk menguasai mesin espresso.

Barista menganggap ekstraksi kopi sebagai seni dan mereka benar-benar tampil di depan pelanggan mereka setiap kali mereka menyiapkan espresso, cappuccino, caffe latte, atau caffe mocha. Namun, jika mereka menginginkan penonton yang lebih banyak dan menganggap diri mereka benar-benar berbakat, mereka dapat mempertimbangkan untuk berkompetisi dalam kompetisi barista . Acara ini berlangsung setiap tahun dan diadakan di tingkat lokal dan nasional. Gelar utama untuk dimenangkan adalah Juara Barista Dunia.

Kejuaraan Barista Dunia pertama kali diadakan pada tahun 2000 di Monte Carlo dan dengan cepat menjadi acara publik di mana barista terbaik dari berbagai negara berjuang untuk supremasi pembuatan espresso. Kejuaraan Barista Dunia berlangsung setiap tahun di negara yang berbeda dan pesaing adalah pemenang kompetisi barista nasional.

Di Amerika Serikat, Specialty Coffee Association of America (SCAA) menyelenggarakan beberapa kompetisi barista lokal. Ada sepuluh wilayah, dan setiap negara bagian telah ditetapkan ke suatu wilayah. Kompetisi lokal disponsori oleh bisnis, dan pemenang setiap acara lokal memiliki kesempatan untuk mencoba mengesankan juri di Kejuaraan Barista AS. Ada banyak kompetisi barista di Eropa dan Inggris Raya. Kanada, Australia dan Amerika Tengah juga memiliki kompetisi barista di tingkat lokal, regional dan nasional.

Dalam kompetisi barista, juri harus menilai pesaing dan minuman kopi yang mereka buat. Kriteria penilaian masing-masing barista meliputi kualitas dan cita rasa minuman, penyajian personal, teknik penyajian serta penyajian minuman kopi tersebut.

Para barista berpacu dengan waktu karena mereka hanya diizinkan tampil selama 15 menit. Mereka juga memiliki waktu 15 menit sebelum presentasi sebenarnya untuk mempersiapkan setiap detail pertunjukan - bahan-bahan seperti sirup, taburan cokelat, atau apa pun yang dapat anda pikirkan kecuali alkohol, cangkir, baki, blender, mixer, dan pembakar portabel. Para pesaing bahkan memanggang kopi mereka sendiri dan membawanya ke kompetisi. Setelah menyajikan minuman mereka, barista memiliki waktu 15 menit untuk membersihkan stasiun mereka sebelum mereka memberi ruang untuk kontestan lain. Mesin espresso yang digunakan dalam kompetisi adalah kunci dari cita rasa kopi. Mesin harus benar-benar bersih dan bebas dari kotoran.

Selama 15 menit interval pertunjukan, barista harus membuktikan keahlian mereka dengan menyiapkan 4 espresso, 4 cappucino, dan 4 minuman khas . Empat juri sensorik yang harus memutuskan kualitas minuman mencicipi masing-masing minuman. Saat menyiapkan minuman, barista harus mempresentasikan karyanya, memberikan detail bahan yang digunakan kepada penonton dan juga memperlakukan para juri sebagai pelanggan di sebuah kedai kopi. Seseorang hanya bisa membayangkan stresnya.

Setelah espresso dan cappucino, yang dilengkapi dengan seni latte - desain rumit yang digambar di atas cangkir dengan susu berbusa dengan menggunakan teko, tibalah waktunya untuk minuman khas. Ini adalah kreasi asli pesaing dan di sinilah para barista mengungkapkan kreativitas dan keterampilan mereka yang menggabungkan daging panggang, sirup, susu kukus dan buih serta menggunakan segala jenis bahan dan rasa yang mengubah minuman mereka menjadi karya seni yang gurih. Para barista dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk menciptakan minuman yang sempurna ini yang dapat membawa mereka kemenangan dalam sebuah kompetisi.

Berikut beberapa contoh minuman yang diciptakan oleh para juara barista:

  • Troels Poulsen, pemenang Kejuaraan Barista Dunia 2005, menciptakan minuman yang disebut ESB, seperti dalam "keseimbangan sensorik yang ditingkatkan" dengan menggabungkan gel lada, espresso, dan sirup lavender.
  • Phuong Tran , Juara Barista USA 2005, terinspirasi oleh masa kecilnya menciptakan Crimson Sage, minuman yang terbuat dari jus tebu, bubuk lada putih, dan susu kukus yang diramu dengan daun sage. Dia mengatakan bahwa sebagai seorang anak dia suka minum jus tebu dengan es dan dia selalu bermimpi untuk menggunakannya dalam minuman.
  • Sammy Piccolo, pemenang Kejuaraan Barista Kanada 2004, menciptakan "Insieme" dengan menggunakan gula mentah , kuning telur, kari, coklat pahit dan susu.
  • Bronwen Serna, USA Barista Champion of 2004, memberi judul minuman khasnya "Sweetness" karena bahan "rahasia" utamanya adalah madu. Dia juga menggunakan bubuk cokelat hitam dan menyajikannya dengan kotak cokelat hitam.

Barista berlatih keras untuk kompetisi ini, terutama jika mereka memiliki kesempatan untuk mengikuti Kejuaraan Barista Dunia. Mereka mencoba menyempurnakan teknik mereka dan menyusun program mereka karena selama kompetisi semuanya harus berjalan lancar, tidak ada gangguan yang diizinkan. Mereka sebenarnya dapat dibandingkan dengan atlet yang berlatih untuk pertandingan Olimpiade karena beberapa dari mereka bahkan memiliki pelatih yang terkadang berperan sebagai juri dalam persiapan kompetisi.

Pelatihan Barista, mungkin setelah membaca tentang persyaratan kompetisi, mungkin alangkah lebih baik untuk memoles sedikit keterampilan anda. Ada beberapa cara untuk mendapatkan pelatihan keterampilan dasar sebagai barista atau meningkatkan keterampilan anda yang sudah ada:

  • Buku dan manual . Ada banyak buku atau manual yang tersedia yang membawa anda selangkah demi selangkah melalui proses pembuatan espresso, cappucino, dan minuman kopi khusus lainnya. Kekurangannya adalah anda hanya memiliki gambar diam untuk dilihat yang mungkin menyulitkan pemula untuk melihat detail metode ini.
  • Video . Ini memberikan pemodelan visual serta komentar tentang cara menghasilkan secangkir espresso yang sempurna.
  • Kelas pelatihan . Ada lokasi pelatihan di sebagian besar wilayah yang menawarkan kursus yang berkisar dari tiga jam hingga satu hari penuh untuk mempelajari rahasia seorang barista. Banyak dari program ini juga membahas tentang cara merawat mesin espresso dan menawarkan sertifikat setelah selesai.
  • Hands-on . Beberapa barista berpengalaman akan menawarkan pelatihan atau bimbingan pribadi bagi mereka yang tertarik menjadi barista atau meningkatkan keterampilan mereka.

Apa pun yang anda putuskan, jika anda memiliki bakat membuat secangkir espresso yang enak, anda harus mempertimbangkan untuk mengikuti kompetisi barista. anda akan bertemu orang lain yang memiliki minat yang sama terhadap kopi dan pasti akan mendapatkan ide-ide baru untuk dicoba di kedai kopi anda.

Komentar